The Quality of Sound
Feed your Imagination
Jakarta Intercultural School - MS
Improve Speech and Music
Are Our Mission
Acoustical Designing in Architecture
The National Library of Indonesia
Acoustical Design
Aiding in concentration

VIBRATION ISOLATOR

Dalam mendesign suatu ruangan besar diibutuhkan design akustik yang dapat merepesentasikan performa terbaik dari suatu pertunjukan. Auditorium, Gereja, Drama theater, gedung pertemuan, hall dll di design khusus untuk percakapan biasa maupun pidato yang dapat membuat audiance terpukau. Dengan banyaknya penonton akustik design harus dapat mengakomodir kebutuhan / kejelasan dalam mendengarkan pembicara, sebagai contoh ruangan yang di gunakan untuk khotbah / worship menuntut kejelasan “clear speech intelligibility” (seberapa baik seseorang dapat mengerti apa yang sedang di sampaikan), disisi lain didalam acara / panggung terdapat performa musical juga terdapat orang bernyanyi. Pada intinya ruangan yang akan digunakan untuk presentasi / musikal  akan mempengaruhi dalam menentukan Akustik design. sebagai tambahan ruangan yang didesign khusus untuk speech dan terintegrasi dengan sound system yang dapat disimpan (play back) , sound system juga harus didesign (letakan, memiliki kesesuaian, kemampuan, dll) sehingga menghadirkan tata design suara yang senatural mungkin atau mendekati keaslian pembicara.  

Ruangan untuk konser live music harus memiliki kriteria Good Acoustics karena ruangan ini diperuntukan khusus bagi audience yang ingin merasakan qualitas terbaik dari band / musisi yang mereka sukai, ketika ruangan ini bad acoustics maka audiance akan merasakan keanehan, dan tidak jarang membuat musisi / pembuat event kesal. Dengan mengevaluasi kualitas akustik ruangan akan membantu mereka dalam memberikan performa terbaik. Perbedaan design akustik untuk  speech (auditorium) dan musik (concer halls) adalah suatu prioritas.  Dalam mendesign suatu ruangan seperti theater, auditorium, concer hall, dll harus memiliki prioritas akustik hal ini di tujukan agar dapat mendukung / memberikan  performan yang terbaik bagi Audiance maupun musisi. 

ROOM ACOUSTIC PARAMETERS

salah satu faktor yang mempengaruhi suatu design akustik adalah fungsi ruangan,  dengan begitu Setiap ruangan akan memiliki nilai kriteria / parameter yang berbeda-beda untuk mencapai standar Good Acoustic. berikut adalah parameter yang biasa di gunakan dalam mendesign suatu ruangan akustik:

1. Distribusi Tingkat Tekanan Bunyi

Sebagai ruang conference mempunyai tingkat kejelasan suara yang tinggi dalam ruang sangat diperlukan agar setiap pendengar pada semua posisi menerima tingkat tekanan bunyi yang sama. Suara yang berasal dari pembicara atau musik diupayakan merata penyebarannya dalam ruangan, agar para pendengar yang berada pada posisi yang berbeda-beda memiliki penangkapan yang sama akan informasi yang diberikan. Adapun syarat untuk mencapai  tingkat tekanan bunyi yang merata yaitu ketika tingkat tekanan suara antara posisi terdekat dan jauh dari sumber tidak boleh lebih dari 6 dB (Satwiko,2009).

2. Reverberation Time-RT 

Akibat adanya Rentang frekuensi bunyi manusia (20-20KHz), berakibat pada lamanya bunyi untuk hidup dan terdengar didalam ruangan atau sering disebut sebagai waktu dengung. Waktu dengung merupakan salah satu faktor penentu kualitas akustik ruang yang paling sering diperhitungkan. RT60 adalah lama waktu yang dibutuhkan ruang untuk mengurangi energi bunyi sebanyak 60 dB. Waktu dengung terlalu pendek akan menyebabkan ruangan ‘mati’, sebaliknya waktu dengung yang panjang akan memberikan suasana ‘hidup’ pada ruangan.  Waktu dengung ruang dapat dihitung dengan melihat fungsi akustik ruang dan volume ruangannya. Waktu dengung ruang juga dapat diprediksi dengan menggunakan formula Sabine (Marshall,2006).

3. Background Noise

Bunyi yang berasal dari luar maupun dalam ruangan yang muncul secara tetap dan stabil pada tingkat tertentu tanpa adanya sumber noise yang muncul secara menonjol disebut dengan bising latar belakang (baground noise). Pengukuran terhadap bising latar belakang terlebih dahulu dilakukan untuk mengetahui NC (Noise Criteria) suatu ruangan untuk setiap frekuensi. Tingkat bising latar belakang maksimum yang diperbolehkan untuk berbagai jenis dan fungsi ruangan fungsi telah ditetapkan dalam bilangan NC berdasarkan keputusan kementrian tenaga kerja.

4. Impulse Reponse

Salah satu unsur pembentuk medan suara dalam ruang tertutup adalah dengan metode pengukuran respon impuls. Metode ini pada prinsipnya adalah mendapatkan respon ruangan apabila suatu sinyal impuls dibunyikan didalamnya. Sumber suara yang dipakai  untuk membangkitkan suatu sinyal impuls haruslah memiliki energi yang cukup disepanjang spektrum untuk meyakinkan bahwa gangguan suara ditinggikan levelnya di atas noise untuk memberikan akurasi yang dibutuhkan. Contoh dari sumber bunyi impuls adalah lecutan api listrik yang kuat, suara pistol, dan suara balon meletus. Untuk area yang lebih besar, meriam berukuran kecil bahkan digunakan sebagai sumber suara impuls. 

5. Early Decay Time (EDT) 

EDT atau Early Decay Time yaitu perhitungan waktu dengung (RT) yang didasarkan pada pengaruh bunyi awal yaitu bunyi langsung dan pantulan-pantulan awal yaitu waktu yang diperlukan bunyi untuk meluruh sebesar 10 dB.

6. Clarity (C80) 

Clarity(C80) atau kejernihan bunyi musik diukur dengan membandingkan antara energi suara yang termanfaatkan (yang datang sekitar 0.08 detik pertama setelah suara langsung) dengan suara pantulan yang datang setelahnya.

7. Definition (D50) 

Definition adalah kriteria dalam penentuan kejelasan pembicaraan dalam suatu ruangan dengan cara memanfaatkan konsep perbandingan energi yang termanfaatkan dengan energy
bunyi total dalam ruangan. D50 merupakan rasio antara energi yang diterima pada 50 ms pertama dengan total energi yang diterima. 

apakah anda sudah menemukan solusi untuk
Design Akustik ruang?

" Kami ingin memastikan setiap pekerjaan mendapatkan hasil yang baik, itulah mengapa penting untuk kita bisa berdikusi atau bertukar informasi sebelum anda memutuskan untuk memilih kami sebagai partner. Konsultasi yang kami berikan dan tawarkan tanpa biaya “no cost to you”. "

Our Services

1. Acoustic Calculation 

2. Acoustic Sumulation  and Prediction

3. Acoustic Measurements

4. Comparative and Report

Acoustic Calculation

Perhitungan akustik adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki dalam memadukan ilmu pegetahuan dan design

ACOUSTICS Simulation

Kami menggunakan software simulasi untuk dapat meminimalisir human error / kekeliruan, juga untuk dapat mengetahui hasil dari pekerjaan. 

ACOUSTIC MEASUREMENTS

Setelah ruangan selesai, kami pastikan melakukan pengukuran akustik.  Dengan tujuan identifikasi  besaran dari parameter akustik ingin di capai.

Comparative & Report

Untuk dapat memberikan hasil yang sempurna, memerlukan perbandingan antara perhitungan, hasil simulasi dan hasil pengukuran. kami tuangkan dalam Acoustical Report.

With decades of proven experience, our team is prepared to help you achieve your goals, and beyond.

our consultants

Kami siap membantu anda dalam menyelesaikan setiap permasalahan kebisingan / noise. Konsultan kami memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun untuk dapat membantu menghadirkan solusi terbaik. silahkan menghubungi, walau hanya untuk sekedar berdiskusi.

Great Solution

Kami menghadirkan solusi yang mungkin dan pasti untuk anda yang telah mempercayakan masalah kebisingan ini ke pada kami, juga sangat berterimakasih untuk anda yang membaca dan bisa menerapkan artikel- artikel yang telah kami berikan.

What's On Today

Get more Information

© 2022 PT DODECA KARYA | All data contained on this site reflects either actual or estimated laboratory data.