Warning: mysqli_query(): (HY000/1021): Disk full (/tmp/#sql_389_0.MAI); waiting for someone to free some space... (errno: 28 "No space left on device") in /home/peredam1/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 2162
FLOORS, CEILINGS & WALLS
Warning: mysqli_query(): (HY000/1021): Disk full (/tmp/#sql_389_0.MAI); waiting for someone to free some space... (errno: 28 "No space left on device") in /home/peredam1/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 2162

Warning: mysqli_query(): (HY000/1021): Disk full (/tmp/#sql_389_0.MAI); waiting for someone to free some space... (errno: 28 "No space left on device") in /home/peredam1/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 2162

Warning: file_put_contents(): Only 0 of 111774 bytes written, possibly out of free disk space in /home/peredam1/public_html/wp-content/plugins/elementor 3.5.5/core/files/base.php on line 194

Warning: mysqli_query(): (HY000/1021): Disk full (/tmp/#sql_389_0.MAI); waiting for someone to free some space... (errno: 28 "No space left on device") in /home/peredam1/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 2162

Warning: mysqli_query(): (HY000/1021): Disk full (/tmp/#sql_389_0.MAI); waiting for someone to free some space... (errno: 28 "No space left on device") in /home/peredam1/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 2162
The Quality of Sound
Feed your Imagination
Jakarta Intercultural School - MS
Improve Speech and Music
Are Our Mission
Acoustical Designing in Architecture
The National Library of Indonesia
Acoustical Design
Aiding in concentration

sOUND INSULATION FOR FLOORS, cEILINGS, & wALLS

Akustik ruang merupakan suatu hal yang berhubungan dengan masalah kenyamanan dalam ruang yang berkaitan dengan bunyi. Banyak faktor yang mempengaruhi kenyamanan akustik ruang, salah satunya adalah rugi transmisi. Ruang dikatakan baik jika memiliki nilai rugi transmisi yang besar. Semakin besar nilai rugi transmisi maka kemampuan untuk mengisolasi bunyi semakin baik. Nilai rugi transmisi dinyatakan dalam besar Transmission Loss (TL). Efek transmisi sisi (FlankingTransmission) sangat berpengaruh pada nilai isolasi suatu partisi. Isolasi suara dihitung sebagai rugi transmisi (Transmission Loss, TL) dimana hal ini berkaitan dengan berapa  banyak energi suara berkurang saat gelombang suara bertansmisi mengenai bahan sehingga suara dapat dicegah melewati bahan pembatas. Satuan dari rugi transmisi adalah desibel, dB. Isolasi  suara lebih berkaitan dengan faktor pengurangan suara (noise reduction). Bahan yang memiliki transmission loss yang tinggi adalah yang tebal, berat, dan masif. Seperti uang kita tau Rugi transmisi dan absorpsi suara adalah dua hal yang berbeda. Bahan yang baik sebagai isolator panas biasanya kurang bagus sebagai penyerap atau absorpsi suara, begitu pula sebaliknya. Setiap bahan memiliki daya isolasi yang berbeda-beda. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi daya isolasi sebuah bahan. 

a. Berat
Objek yang terbuat dari material yang berat akan menjadi insulator yang lebih baik dibandingkan dengan objek yang terbuat dari material ringan. Apabila gelombang bunyi mengenai suatu permukaan maka gelombang bunyi akan menggetarkan permukaan tersebut. Semakin ringan massa sebuah bahan yang  mengenai gelombang bunyi, maka akan semakin mudah bagi gelombang bunyi untuk menggetarkan permukaan bahan tersebut. Dan sebaliknya, semakin besar massa sebuah bahan yang terkena  gelombang bunyi, maka akan semakin kecil getaran yang disebabkan oleh gelombang bunyi sehingga semakin kecil pula kemungkinan gelombang bunyi yang diteruskan. 

b. Ketebalan
Ketebalan akan berpengaruh pada daya isolasi sebuah bahan. Semakin tebal permukaan sebuah bahan, semakin kecil kemungkinan gelombang bunyi untuk diteruskan. Oleh karena itu, semakin tebal permukaan sebuah bahan, maka akan semakin  meningkatkan kinerja bahan tersebut untuk mengisolasi bunyi. 

c. Kualitas Bahan
Objek yang terbuat dari bahan dengan kualitas yang baik akan memberikan daya isolasi yang lebih baik. Kualitas bahan  bergantung pada kerapatan bahan (dalam artian tidak ada banyak pori-pori atau retak) serta keseragaman bahan di setiap  permukaan. Keutuhan sebuah bahan akan sangat mempengaruhi  daya isolasi sebuah bahan. Jika terdapat cacat berupa celah / lubang pada bahan tersebut maka dengan mudah bunyi melewati bahan tersebut sehingga mengurangi kemampuan bahan untuk mengisolasi bunyi

Airborne Noise

Airbone noise mengambarkan perjalanan gelombang suara yang merambat melalui udara menuju ke ruangan lain hingga dapat terdengar oleh orang yang berada di ruangan lain. Contoh Airbone noise adalah Suara TV, Musik, Percakapan, suara anjing, dll. 

Suara dapat melewati suatu permukaan yang tidak cukup kuat, seperti dinding, ceiling, pintu dan  lantai, walaupun suara yang terdengar diruangan lain akan terdengar lebih kecil , hal ini disebabkan suara kehilangan energinya atau lebih tepatnya energi suara terkonversi menjadi energi lainnya. Background Noise adalah bunyi yang terdengar secara simultan, sumber bunyi tidak signifikan terdengar, Background noise ini diperlukan agar ruangan tidak terlalu sepi, juga saat kita berbicara maka orang lain yang berdekatan tidak bisa mendengar secara jelas percakapan. Pada kondisi tertentu meningkatkan background noise juga diperlukan seperti pada perimeter bioskop.

 

Impact Noise

Impact noise adalah suara yang merambat melalui permukaan suatu object. Contoh : Langkah kaki, Furnitur yang digeser, benda yang terjatuh ke lantai, pekerjaan konstruksi, dll

Impact noise juga dikenal dengan structure borne noise hal ini dikarenakan adanya vibrations / getaran. Suatu benda yang membentur suatu permukaan akan menimbulkan getaran, lalu diteruskan kedalalam hingga gelombang saura berbunyi / merambat diruangan lain. 

impact noise lebih sulit di atasi dari airbone noise, karena pada impact noise biasanya terdapat suara + getaran. tetapi masih mungkin untuk bisa di reduce atau di block.

Totality Of Noise

Airborne Noise yang mengenai benda padat akan akan memberikan daya tekan sehingga struktur dari benda akan bergetar, Airborne noise dapat berubah menjadi stucture borne noise. airborne noise dapat merambat melalui celah seperti saluran HVAC, Lampu, dinding partisi, pintu, dll. structureborne noise dapat merambat melalui komponen suatu bangunan yang mudah bergetar, semakin mudah suatu partisi / plafon / ducting beresonansi saat terkena engeri suara / mekanik, maka akan semkin mudah suara itu menembus dinding dan mengakibatkan kebisingan di ruangan lain. 

hal lain yang sering di abaikan adalah Transmisi Sisi (Flanking Transmission) Bunyi yang dihasilkan di ruang sumber dapat merambat menuju ruang pendengar melalui setiap sisi dari ruangan, terutama melewati partisi antar ruang. roses perambatan gelombang bunyi selain melalui partisi ini dinamakan transmisi sisi atau lanking transmisiion. perhatikan gambar disamping.  

Ratings

STC Sound Transmission Class. Pengertiaan umumnya adalah suatu tingkatan seberapa baik suatu permukaan dalam mengisolasi suara. Setiap Komponen / permukaan memiliki STC. Tetapi STC lebih berbicara tentang tinggat kekuatan Structure secara menyeluruh.

IIC adalah Impact Insulation Class. Ini merupakan suatu rating system untuk impact noise, sama seperti STC untuk airbone noise. Material yang memiliki nilai IIC yang tinggi lebih baik dalam menreduksi suara yang di akibatkan oleh dentuman / impact noise. 

selain STC dan IIC ada juga OITC, DELTA IIC (ΔIIC), dan masih banyak lagi hal yang berkaitan dengan RATINGS. 

Bagaimana cara mengatasi Airborne dan impact noise ?

Apakah dengan menambahkan material penghalang / peredam suara sudah cukup untuk mengatasi masalah ini ? ingat kembali, Suara merupakan suatu energi / gelombang yang dapat merambat dan dapat bertransformasi menjadi energi lain, ketika gelombang suara menabrak suatu material / tembok, material tersebut akan begetar karena udara disekelilingnya juga bergetar terjadilah transfer energi suara ke tempat lain. untuk dapat menghambat atau pun menghentikan berpindahnya gelombang energi suara membutuhkan kombinasi dari beberapa solusi yang tepat. Banyak hal yang harus di perhatikan secara mendalam. Perlu kita ketahui bahwa untuk dapat berpindah / merambat suara membutuhkan medium seperti (udara atau benda padat / dry wall). Berikut ini adalah beberapa faktor untuk mengatasi kebisingan. 

MASS

Merencanakan kekuatan struktur yang berat dan tidak mudah bergetar akan membuat gelombang suara lebih sulit untuk dapat merambat / travel.

DECOUPLING

Decoupling juga dikenal dengan isolasi mekanik. Dengan cara memisahkan surface / struktur menjadi 2 bagian atau lebih sehingga gelombang tidak dapat lewat / merambat. Ini adalah cara yang efektif dalam memutus perambatan airborne dan impact noise

DAMPING

Damping dapat mereduksi / menghilangkan vibrational energy sebelum energi suara merambat. Metode ini efektif untuk impact noise karena mencegah getaran dari radiasi gelombang suara setelah melewati 1 atau lebih permukaan pada system soundproof.

Absorption

Absorption adalah cara menjebak gelombang suara kedalam material, sehingga terjadi vibrational energy, konversi energi dari energi mekanik berubah ke thermal energi pada prosesnya.

apakah anda sudah menemukan solusi untuk
Kebisingan Ruangan Anda?

" Kami ingin memastikan setiap pekerjaan mendapatkan hasil yang baik, itulah mengapa penting untuk kita bisa berdikusi atau bertukar informasi sebelum anda memutuskan untuk memilih kami sebagai partner. Konsultasi yang kami berikan dan tawarkan tanpa biaya “no cost to you”. "

Our Services

1. Peredam Suara Dinding

2. Peredam Suara Lantai

3. Peredam Suara Plafon

4. Peredam suara pintu

Peredam suara dinding

Dinding interior tidak akan memberikan banyak solusi untuk peredam suara. bahkan cenderung buruk untuk bisa menahan suara. dan kita hanya bisa membuat dinding di rumah kita 1 kali pada saat Konstruksi. untuk itulah pentingnya mendesign suatu ruangan khusus dengan perhitungan peredam suara dinding.

PEREDAM SUARA LANTAI

Kebisingan yang disebabkan lemah nya lantai dalam memberikan halangan atau mencegah rambatan akan selalu terjadi selama kita masih menggunakan hard surface tanpa diperhitungkaanya vibration damper pada lantai. perlu diingat juga pada ruangan bertinggat lantai adalah langit2 ruangan di bawahnya. pastikan setiap ruangan kita terdesign dengan baik. 

Peredam suara Plafon

Impact noise datang dari atas ceiling merupaan halnya paling mengganggu. langkah kaki, suara getaran furnitur begeser akan mudah diatasi dengan memberikan sedikit perencanaan peredam suara untuk plafon,

peredam suara pintu

Pintu atau jendela merupakan celah untuk suara dapat  masuk melalui sela-sela samping, tidak hanya itu pintu yang buruk akan menambah masalah dalam studio, jika anda telah memberikan peredam suara untuk dinding, plafon dan lantai, ada baiknya anda memperhitungkan pintu sebagai penyempurna isolasi suara. atau mungkin sesunggunya anda tidak membutuhkan peredam suara lain kecuali peredam suara pintu dan jendela.

 

With decades of proven experience, our team is prepared to help you achieve your goals, and beyond.

our consultants

Kami siap membantu anda dalam menyelesaikan setiap permasalahan kebisingan / noise. Konsultan kami memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun untuk dapat membantu menghadirkan solusi terbaik. silahkan menghubungi, walau hanya untuk sekedar berdiskusi.

Great Solution

Kami menghadirkan solusi yang mungkin dan pasti untuk anda yang telah mempercayakan masalah kebisingan ini ke pada kami, juga sangat berterimakasih untuk anda yang membaca dan bisa menerapkan artikel- artikel yang telah kami berikan.

What's On Today

Get more Information

© 2022 PT DODECA KARYA | All data contained on this site reflects either actual or estimated laboratory data.


Warning: mysqli_query(): (HY000/1021): Disk full (/tmp/#sql_389_0.MAI); waiting for someone to free some space... (errno: 28 "No space left on device") in /home/peredam1/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 2162